2 Minggu Setelah Final Liga Voli Korea, Red Sparks Terbang ke Indonesia untuk Laga Persahabatan di Proliga 2024

Info – JungKwanJang Red Sparks memang sukses mencuri perhatian di kalangan penikmat bola voli Tanah Air sejak Liga Voli Korea 2023-2024 dimulai pada Oktober lalu.

Penyebabnya adalah kehadiran sosok opposite andalan Tanah Air yakni Megawati Hangestri Pertiwi yang bergabung dengan menggunakan slot pemain asing dari Asia.

Megawati pun berhasil unjuk gigi dengan menjadi pemain inti di skuad juara Liga Voli Korea tiga kali ini sejak awal hingga putaran terakhir dari musim reguler yang sedang berlangsung.

Red Sparks saat ini sedang berada di atas angin.

Menang 10 kali dalam 13 pertandingan terakhir, tim asuhan pelatih Ko Hee-jin ini merangsek kembali ke peringkat tiga untuk menjaga kans lolos ke babak playoff.

Demam Red Sparks bakal melanda Indonesia jelang berlangsungnya Proliga 2024.

Sebagaimana diberitakan Kompas.id, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) beserta Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan mengundang Red Sparks ke Indonesia.

Menpora Dito Ariotedjo telah mengumumkan rencana pertandingan ekshibisi bareng Red Sparks melalui cuplikan panggilan video dengan Megawati yang diunggah ke akun media sosialnya.

“Kalau Mega pasti siap karena Mega balik ke Indonesia kan tanggal 9 (April),” ujar Mega menjawab pertanyaan Dito soal kesiapan Red Sparks ke Indonesia.

“Tapi kalau teman-teman ya, dari teman-teman tadi kayaknya siap sih semuanya,” imbuh pemain yang tahun lalu tampil bersama Jakarta Pertamina Fastron di Proliga.

“Kita bikin nanti exhibition games yang seru,” ucap Dito menimpali.

Rencananya Red Sparks akan menghadapi timnas Indonesia pada 20 April 2024 di Indonesia Arena, Jakarta.

Artinya, ada jeda sekitar dua minggu antara laga ekshibisi Red Sparks di Indonesia dengan berakhirnya kompetisi Liga Voli Korea musim 2023-2024.

Babak final Liga Voli Korea akan memuat lima pertandingan antara tim peringkat pertama di musim reguler dan pemenang babak playoff.

Rangkaian pertandingan berlangsung dari tanggal 28 Maret hingga 5 April mendatang. Tim yang lebih dahulu menang tiga kali berhak membawa pulang gelar.

Adapun peluang Red Sparks ke final hanya bisa melalui babak playoff karena ketertinggalan 16 poin dari pemuncak klasemen dengan hanya maksimal 15 poin dari 5 laga tersisa.

Babak playoff memuat tiga pertandingan antara tim peringkat dua dan peringkat tiga pada 22, 24, dan 26 Maret. Tim yang mampu menang dua kali berhak tampil di final.

Adapun jika tim peringkat tiga dan peringkat empat hanya berjarak tiga poin atau kurang, mereka akan diadu terlebih dahulu dalam babak semi-playoff pada 20 Maret.

Format Kompetisi Pasca-musim Reguler Liga Voli Korea 2023-2024

1. Jika Tim Peringkat 3 dan Peringkat 4 Terpaut 3 Poin atau Kurang

2. Jika Tim Peringkat 3 Unggul Lebih dari 3 Poin atas Tim Peringkat 4

Red Sparks kini unggul lima poin atas GS Caltex Seoul KIXX di peringkat keempat. Jika situasi ini bertahan, Mega dkk. tak perlu melalui babak playoff.

Sementara itu, Proliga 2024 akan dilaksanakan pada 25 April hingga 21 Juli 2024.

Sebelas kota terpilih menjadi tuan rumah yaitu Yogyakarta, Semarang, Palembang, Pontianak, Bandung, Gresik, Malang, Kediri, dan Solo.

Putaran final four akan berlangsung di Kediri dan Solo sementara Yogyakarta kembali menjadi venue grand final selain juga untuk pekan pertama musim reguler.

Megawati sendiri akan bermain di Proliga. Meski begitu, belum diketahui tim mana yang akan diperkuatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *